Skip to main content

Indonesia Adalah Negara Yang Berkembang Dengan Mempunyai Sumber Daya Alam Yang Melimpah


Indonesia, Indonesia adalah Negara yang terletak di asia tenggara dan berada di antara benua Australia dan asia, serta samudra india  dan pasifik.

Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki kurangt lebih 17.504 pulau dengan kapasitas penduduk yang terbilang cukup banyak yaitu di antara 263.846.946 juta jiwa, pada tahun 2016 lalu Indonesia mencapai rekor kepadatan berpenduduk terbesar ke empat di dunia.

Indonesa memang Negara yang memiliki sumberdaya alam yang berlimpah, tapi sayangnya dengan adanya sumberdaya alam yang melimpah ini Indonesia tidak bisa 100% mengolahnya karena terbatasnya pengetahuan dan alat-alat yang berada di Indonesia, contohnya seperti tambang emas alias freport Indonesia yang berada di papua yang sekarang ini telah dikuasai oleh Negara asiang yaitru Negara amerika serikat, Indonesia mempunyai cadangan gas alam terbesar kawasan pasifik bahkan terbesar di dunia tempatnya di blok natuna, sayang nya  dari itu semua yang sekarang ini sebaian besar hasil eksplorasi tersebut di kuasai oleh perusahaan  asing, Indonesia memaklumi semua itu karena baik dari modal, tenaga yang ahli, sampai ke peralatan semunya hampir di suplai oleh Exxon Mobil, Conoco Philips, Star Energy, dan primer Oil. Jadi dari pembagian keuntuangan/laba bisnis tersebut ebian besar di miliki oleh mera perusahaan asing, dan Indonesia sebagai pemilik kekayaan alam yang terdapat di natuna ini hanya mendapat sebagian kecil keuntungan dari penghasialan, gas alam tersebut.

Keuntungan yang mencapai triliunan rupiah itu, natuna hanya mendapatkan 225 miliar, dan pemerintah pusat hannya mendapatkan 525 miliar, sedangkan yang berupa uang triliunan rupiah itu menjadi hak milik perusahaan suasta asing itu. Tidak heran jika kabupaten natuna ini kondisi sosial ekonomi nya tidak sejahtera, dan fakta menunjukkan ternyata kabupaten natuna ini yang berserahkan migas terebut memiliki IPM terendah dibandingkan dengan lima kabupaten lain di kepri, bisa di simpulkan tingkat angka harapan hidup, pendidikan, natuna berada urutan yang paling rendah.

Dengan adanya semua itu keadaan alam yang sangat terbilang melimpah, tidak mustahil jika indonesa menjadi Negara yang paling maju, bahka menjadi Negara yang terkaya di dunia yang melebihi majunya Negara amerika serikat.

Sampai saat ini kenapa Indonesia masih terbilang Negara yang masih berkembang belom maju. Negara bisa di bilang maju jika Negara bisa menikmatin setandart hidup yang relatih   tinggi melalui teknologi dan ekonomi yang sangat merata. Indonesia bisa menjadi Negara yang maju bukan hal yang gampang karena permasalahannya bukan terdapatpada sumber daya alam yang melimpah, dan tersedia, tidak sama sekali , sumber daya alam tetap akan menjadi sumber alam jika penduduk Indonesia tidak pandai mengolah nya, dan menyerahkan semuanya kepada Negara asing ( mengekspor), dampak dari semua itu adalah kemiskinan yang semakin merata karena faktor ekonomi yang melemah, busung lapar di paua, kesulitan air di daerah-daerah tertentu , pemadaman listrk bergilir uyang terjadi sumatera , tidak adajalan yang mulus , fasilitas seperti sekolahan, tamanpendidikan yang layak untuk di tempati, dan rumah rumah hannya sekedar rumah yang sederhana yang di tempati masyarakat, yang adahannya bencana kekeringan, banjir, dan penyakit penyakit yang di sebabbkan oleh ekosistem yang rusak di daerah Kalimantan selatan akibat di keruknya sumberdaya kayu Kalimantan tersebut, apa yang terjadi dengan masyarakat kecil yang hannya pasrah dengan keadaan, tidak bisa melawan, yang terjadi adalah kemiskinan di mana-mana, karna perekonomian yang tidak lancer dan tidak merata.

“Sekian terimakasih” .

PENULIS
syarifudin anas
syarifudinanas33@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Kebangsaan Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik dan besar. Bangsa yang terdiri dari berbagai ragam suku, agama, budaya, etnis yang tersebar di berbagai pulau. Ini merupakan sebuah kekayaan yang patut menjadi kebanggaan besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun, kebanggaan ini menjadi tidak bermakna ketika kebhinekaan yang ada tidak menjadi bagian dari diri setiap anak bangsa dan akan memunculkan sifat sekretarian, yang akan menggerus rasa nasionalisme. Ini masalah kebangsaan yang senantiasa muncul di tengah masyarakat.

Kesadaran dari masing masing individu dalam pentingnya ke bhinekaan dalam suatu negara ini masih kurang , akibat dari kurang sadar nya individu individu terhadap penting nya ke bhinekaan dalam bernegara menyebabkan beragam konfrim antar ras dan budaya di bangsa kita sendiri.

Kita belum menyadari bahwa perbedaan perbedaan itu lah yang menyatukan kita semua menjadi bangsa Indonesia ini , bila kita semua mempunyai kesadaran lebih tentang ke bhinekaan ini maka kita akan menjadi ba…

Mereka Butuh Cinta

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata cinta, sebenarnya apa sih itu cinta, bagaimanasih  cinta bisa terjadi?  Nah di pembahasan kali  ini kita akan mengkaji  tentang  cinta dan bagaimana cinta itu sebenarnya, tapi sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cinta yang akan kita bahas, alangkah lebih baiknya kita rubah dulu persepsi kita mengenai  cinta , jadi di pembahasan kali ini cinta yang akan di bahas bukanlah cinta yang dirasakan oleh dua sejoli (antar laki-laki dan perempuan) melainkan cinta yang mempengaruhi proses kognitif para anak.]

Sejak dalam kandungan kita sudah mendapatkan cinta yang di berikan  oleh kedua orang tua terlebih ibu, cinta adalah sebuah rasa kasih dan sayang yang dimiliki oleh setiap insan, tidak seorang insanpun yang hidup tanpa cinta, setiap insan memiliki cinta dan membutuhkan cinta.

Berikut adalah pandangan para ahli mengenai cinta

⦁     Baron dan Byrne(2000) menyatakan pandangan tentang cinta yang di anggap sebagai kombinasi semua yang d…