Masalah Kebangsaan Bangsa Indonesia

10:07 Nahya Zahnaz 0 Comments

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik dan besar. Bangsa yang terdiri dari berbagai ragam suku, agama, budaya, etnis yang tersebar di berbagai pulau. Ini merupakan sebuah kekayaan yang patut menjadi kebanggaan besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun, kebanggaan ini menjadi tidak bermakna ketika kebhinekaan yang ada tidak menjadi bagian dari diri setiap anak bangsa dan akan memunculkan sifat sekretarian, yang akan menggerus rasa nasionalisme. Ini masalah kebangsaan yang senantiasa muncul di tengah masyarakat.

Kesadaran dari masing masing individu dalam pentingnya ke bhinekaan dalam suatu negara ini masih kurang , akibat dari kurang sadar nya individu individu terhadap penting nya ke bhinekaan dalam bernegara menyebabkan beragam konfrim antar ras dan budaya di bangsa kita sendiri.

Kita belum menyadari bahwa perbedaan perbedaan itu lah yang menyatukan kita semua menjadi bangsa Indonesia ini , bila kita semua mempunyai kesadaran lebih tentang ke bhinekaan ini maka kita akan menjadi bangsa yang maju , tidak mementingkan perbedaan perbedaan yang ada, dan malah menjadikan perbedaan itu sebagai ciri khas masing masing yang harus bisa kita menjaga toleransi antar perbedaan itu.

Persoalan seperti ini memang terlihat mudah , tetapi dalam kenyataannya memang masih sulit tentang menyadarkan bangsa kita untuk saling ber toleransi dan hidup dalam ke bhinekaan . Solusi yang dapat kita terapkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan pendidikan, dengan adanya pendidikan sejak dini tentang toleransi dan ke bhinekaan maka dalam sejalannya waktu kesadaran itu akan tumbuh dengan sendiri nya.

Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan aspek kognitif namun juga mengutamakan aspek afektif dan psikomotorik. Jika perlu sejak di play group anak-anak bangsa harus sudah diperkenalkan dengan Pancasila. Instruktur pengajarnya harus memberikan contoh sikap yang mencerminkan moral Pancasila dan kebhinekaan bangsa Indonesia.

Dengan demikian, anak-anak bangsa sudah terbiasa dengan nilai-nilai Pancasila yang menekankan persatuan dan kesatuan meski kita hidup dalam kebhinekaan. Prinsip saling menghargai dan menghormati serta sikap toleransi dalam perbedaan menjadi darah pemuda bangsa. Sehingga, misalnya sikap sektarianisme yang ada di sebagian anak bangsa menjadi semakin pudar seiring dengan perjalanan waktu.

Melalui jalan ini diharapkan bangsa Indonesia bisa semakin sadar tentang apa pentingnya keberagaman perbedaan dalam bangsa kita dalam bhinekaan tunggal Ika ini .

Penulis :
Nama    : Hastu Permono
Nim.      : 19811334017
Prodi.     : Administrasi Perkantoran A

0 komentar: